Arti Kesuksesan

Penulis: carol karim

Seperti dalam ungkapan muda kaya raya, tua bahagia, mati masuk surga…inikah sukses yang sebenarnya? Dan dikesmpatan ini lasnight hadir keruang dengar anda yang bercerita tentang kesukesan. Namun seelumnya akan kembali keruang dengar anda lagu.
Apa arti kesuksesan bagi anda? Ada banyak tayangan atau buku yang sering memuat tentang kesuksesan. kesuksesan berarti naik jabatan, punya pacar supermodel, jalan-jalan ke luar negeri atau menang kontes superstar idol dan banyak lagi civitas medika arti dari kesuksesan.
Arti kesuksesan itu memang relatif, tergantung bagaimana seorang individu memandangnya. Bahkan terkadang kesuksesan selalu dihubungkan dengan cita-cita dan prestasi yang telah diraih seseorang. Dan bagi anda bagaimana defenisi kesuksesan bagi civitas medika...
Bagi sebagian besar orang, khususnya kaum urban yang tinggal di kota metropolitan kesuksesan bisa berarti karir yang melesat bak meteor dengan penghasilan tinggi, punya rumah berarsitektur modern ataupun internasional di real estate mewah, mobil mewah keluaran terbaru, bisa duduk di kafe atau restoran bergengsi tiap malam, liburan ke luar negeri.
Tolok ukur kesuksesan materialistik macam ini telah menjadi impian di benak banyak orang di negeri ini. Makin meningkatnya taraf hidup seseorang akibat kesuksesan yang diperolehnya membuat makin banyak pula tuntutan yang harus dipenuhinya.
Kesuksesan itu relative
Arti kesuksesan sangatlah subjektif, tergantung pada cita-cita hidup seseorang. Bagi seseorang seperti a misalnya, kesuksesan baginya adalah bisa mendapatkan beasiswa dan melanjutkan sekolah ke luar negeri, kalau perlu sampai mendapatkan gelar doktor. Sedangkan buat si b, kesuksesan sendiri berarti bisa mewujudkan cita-cita sebagai seorang yang ingin menjadi penulis, yaitu menerbitkan buku. Bagi orang tua kita kesuksesan bisa berarti mengentaskan sang anak sampai ke jenjang pendidikan tinggi dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan pendidikannya.
Arti kesuksesan sendiri bisa berubah-ubah mengikuti fase kehidupan. Bagi seseorang yang masih kuliah, kesuksesan berarti lulus kuliah dengan nilai tertinggi dan segera mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar. Sementara bagi yang belum menikah, dan ingin segera menikah, kesuksesan bisa pula berarti mendapatkan jodoh yang sesuai dengan kriteria, seperti tampan atau cantik, sempurna secara fisik, baik hati dan, ini yang paling penting, mapan.

Kesuksesan dan gaya hidup
Kesuksesan seseorang bisa menentukan gaya hidup yang dijalaninya. Seorang biasa yang berhasil mewujudkan cita-citanya menjadi selebriti, yang dicitrakan hidup glamour dan wah, akan menyesuaikan hidupnya sesuai dengan pencitraan tersebut.
Saat selebriti yang sebelum terkenal jarang atau bahkan hampir tidak pernah pergi ke kafe untuk menikmati kehidupan malam, tiba-tiba saja harus “menyesuaikan diri”dengan hidup barunya sebagai selebriti dengan sering berkumpul dengan rekan-rekan sesama selebriti di kafe.
Contoh lain Seorang profesor atau peneliti harus sering menghasilkan tulisan ilmiah, membaca banyak buku dan menghadiri acara-acara ilmiah seperti seminar, symposium ataupun workshop di dalam maupun luar negeri dan bergaul dengan komunitasnya untuk mengukuhkan eksistensinya sebagai seseorang yang berhasil secara akademis. Ini hanyalah beberapa contoh civitas medika.
Akhirnya, arti kesuksesan sangatlah subjektif bagi tiap individu. Semua tergantung pada bagaimana amda memandang kehidupan. Jika anda memandang dari kacamata materialistik, maka materilah yang menjadi tolak ukur kesuksesan. Namun jika anda memandang dari kacamata spiritual, maka kebahagiaan lahir batin dalam hiduplah yang akan membuatnya berjuang untuk memenuhi harapan tersebut.

Posted by kami aksi lewat buka usaha | di 14.07

0 komentar:

Posting Komentar