Etika Wirausaha

Oleh : Drs. Sulipan, M.Pd.

Sebelum menyebutkan Etika Wirausaha, sebaiknaya kita menjelaskan terlebih dahulu pengrtian tentang etika. Etika itu apa? Etika adalah prinsip-prinsip yang sistematisasi masalah tindakan moral yang betul dan berisi ketentuan-ketentuan serta nilai-nilai yang dapat digunakan di dalam kehidupan sehari-hari.Di dalam kehidupan bidang usaha atau dunia bisnis, seorang Wirausaha tidak berdiam diri sendiri, tetapi sangat perlu bantuan para Wirausaha lainnya, adanya bantuan dari pihak pemerintah atau badan-badan usaha terkait lainnya.

Oleh karena itu, seorang Wirausaha harus menunjukan tingkah laku yang baik, sopan santun, tolong-menolong, tenggang rasa, hormat-menghormati satu sama lainnya. Masalah sopan santun, hormat- menghormati, tolong-menolong, dan tatakrama di dalam berwirausaha sehari-hari itu adalah merupakan etika. Jika kata etika digabungkan dengan Wirausaha akan menjadi Etika Wirausaha. Dengan demikian Etika Wirausaha itu adalah prinsip-prinsip atau pandangan-pandangan dalam kegiatan bidang wirausaha dengan segala persoalannya untuk mencapai suatu tujuan serta melaksanakan nilai-nilai yang bermanfaat untuk meningkatkan kehidupan usaha sehari-hari.

Dengan perkataan lainnya Etika Wirausaha itu adalah merupakan adat sopan-santun, adat kebiasaan dan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan kewirausahaan. Oleh karena itu diharapkam seorang Wirausaha kegiatan usahanya, harus mempunyai :

1. rasa kesusilaan atau budi pekerti yang baik.
2. rasa sopan santun di dalam segi kehidupan berwirausaha.
3. tatakrama di dalam segala tindakan dan perbuatan waktu berwirausaha.
4. mempunyai tanggungjawab pada usahanya.
5. bersikap jujur, benar sesuai dengan profesi usahanya.

Wirausaha adalah merupakan kelompok orang-orang secara teratur, berencana melakukan tugasnya sesuai dengan rasa tanggungjawab dalam mengembangkan bidang usaha untuk kepentingan pribadinya dan lingkungannya. Setiap orang yang menjalankan Wirausaha harus dapat menyesuaikan diri dengan aturan-aturan, tata tertib, pedoman-pedoman dan etika kewirausahaan. Etika Wirausaha adalah tata aturan, disiplin, adat istiadat yang sudah ditentukan oleh perkumpulan Wirausaha Etika Wirausaha adalah merupakan norma-norma sebagai pedoman melaksanakn kegiatan di bidang usaha yang mengikat dirinya untuk membela pribadinya, keluarganya, masyarakat, bangsa dan negaranya.

Adapun norma-norma Etika Wirausaha yang harus dijalankan atau dilakukan oleh para wirausaha adalah :

1. mendukung dan membela ideologi negara yaitu Pancasila,UUD 1945 dan kebijaksanaan pemerintah,
2. lebih meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
3. menjaga nama baik para wirausaha,
4. melakukan dan memperlihatkan perilaku dan sikap yang sesuai dengan jabatan wirausaha,
5. melaksanakn tugas sesuai dengan jabatan kewirusahaan dengan penuh dedikasi yang tinggi.



Secara singkat etika itu dapat diartikan, sebagai berikut :

1. Etika adalah suatu kebiasaan yang baik di dalam berwirausaha.
2. Etika adalah nilai-nilai yang baik di dalam menjalankan kewirausahaan.
3. Etika adalah prinsip-prinsip yang berisi norma-norma di dalam berwirausaha

Dari penjelasan materi di atas, akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan Etika Wirausaha itu, adalah sebagai berikut :

1. Wirausaha adalah tugas mulia dan kebiasaan baik, artinya wirausaha bertugas untuk mewujdkan suatu kenyataan hidup berdasatrkan suatu kebiasaan yang baik di dalam berwirausaha.
2. Menempa pikiran untuk maju, artinya wirausaha melatih untuk membiasakan diri untuk berprakasa baik, brtanggungjawab, percaya diri untuk dapat mengerjakan kebaikan dan meningkatkan daya saing, serta daya juang untuk mempertahankan hidup dari prinsip-prinsip berwirausaha.
3. Kebiasaan membentuk watak, artinya wirausaha berdaya upaya untuk membiasakan diri berpikir, bersikap mental untuk berbuat maju, berpikir terbuka secara baik, bersih dan teliti.
4. Membersihkan diri dari kebiasaan berpikir negatif, artinya wirausaha harus berusaha dan berdaya upaya untuk menanggalkan dan membersihkan diri dari kebiasaan cara berpikir, sikap mental yang tidak baik, misalnya menyakiti orang lain, serta menjauhkan diri dari sikap selalu menggantungkan pada kemujuran nasib.
5. Kebiasaan berprakarsa, artinya seorang seorang wirausaha harus membiasakan diri untuk mengembangkan dalam berprakarsa dalam kegiatan pengelolaan usaha, dapat memberikan saran-saran yang baik, serta dapat menolong kepada dirinya sendiri.
6. Kepercayaan kepada diri sendiri, artinya seorang wirausaha harus percaya kepada diri sendiri, harus mempunyai keyakinan dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta dapat meningkatkan nilai-nilai kehidupan di dalam berwirausaha.
7. Membersihkan hambatan buatan sendiri, artinya seorang wirausaha harus berusaha membebaskan dari hambatan-hambatan dari adanya produk buatan sendiri. Seorang wirausaaha jangan mempunyai pikiran ragu-ragu, merasa tukut, merasa rendah diri terhadap hasil produk buatan sendiri.
8. Mempunyai kemauan, daya upaya dan perencanaan, artinya seorang wirausaha harus mempunyai kemauan, serta daya upaya untuk mengetahui kemampuan dalam hidupnya, cara merencanakan dalam mengejar cita-cita mengembangkan usahanya yang berhasil berdasarkan prinsip-prinsip kewirausahaan.

Posted by kami aksi lewat buka usaha | di 14.44

1 komentar:

patpadro mengatakan...

MGM Grand Casino, Monticello - Mapyro
MGM Grand Hotel. MapYRO's photo features a map showing MGM 당진 출장안마 Grand Hotel in Monticello, along 목포 출장마사지 with 5 photos and an 김포 출장샵 overall 화성 출장안마 great 양산 출장마사지 selection of restaurants

Posting Komentar